4 Tips Menjaga Kesehatan Di Kala Musim Penghujan

Musim hujan di Indonesia biasanya terjadi antara bulan Oktober sampai dengan bulan Maret setiap tahunnya yang ditandai dengan adanya peningkatan curah hujan yang berbeda dari biasanya. Pada musim hujan ini biasanya tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit, bisa saja terserang flu, deman berdarah, batuk, malaria, diare dll. Oleh sebab itu adanya upaya yang bisa kita dilakukan supaya tubuh tetap fit agar bisa melakukan ibadah dan berbagai kegiatan sehari – hari dengan sehat walafiat biidznillah.

Adapun Tips menjaga kesehatan di kala muslim penghujan tiba pada bulan oktober sampai maret adalah sebagai berikut

  1. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Kebersihan lingkungan mutlak kita jaga karena dengan bersihnya lingkungan sekitar maka kesehatan kita sebagai penghuni rumah menjadi lebih baik. Adanya genangan air yang dapat menyebabkan berkembangnya nyamuk – nyamuk penyebab demam berdarah bisa dihilangkan. Sampah harusnya dibuang pada tempatnya agar tidak mejadi tempat lalat berkembang sehingga menghinggapi makanan kita di dalam rumah.

  1. Mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas atau ketika akan makan

Kampanye cuci tangan dengan sabun kini menjadi perhatian pemerintah Indonesia salah satunya karena banyaknya kasus kematian anak karena diare di seluruh dunia karena kurangnya akses air bersih. Dengan cuci tangan dengan sabun yang bersih maka akan terhindar dari kuman – kuman yang berbahaya.

  1. Makan dengan makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi penting agar tubuh kita fit dalam menghadapi cuaca yang kurang bersahabat . Dengan makanan yang bergizi tubuh kita akan mampu menangkat virus /kuman yang berbahaya. Alangkah baiknya juga ditambah dengan minum air putih 8 gelas perhari untuk mengimbangi aktivitas di kala hujan. Minum vitamin C juga mampu menjaga tubuh agar tetap fit.

  1. Istirahat yang cukup.

Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan mampu mengembalikan kebugaran setelah aktivitas seharian penuh. Pun juga akan membuat kita tidak mudah stress selain itu bisa menghindarkan kecelakan kerja akibat ngantuk atau kurang konsentrasi. Istirahat yang cukup juga akan memperkuat kekebalan tubuh hal ini berdasarkan penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh kita lebih rentan terserang sakit.

Demikian 4 tips Menjaga Kesehatan Di Kala Musim Penghujan semoga bermanfaat buat anda dan juga saya tentunya.

Iklan

About Abdurrazaq

nama saya : Abdurrazaq Abu Muhammad Yansa Maulana Bahtiar beralamat di sumberlawang kab sragen GM: nccaster@gmail.com facebook: www.facebook.com/ncca19 ncca19.wordpress.com

Posted on 9 Februari 2018, in Kesehatan, Lingkungan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: