Gamis Pria dan Indonesia Merdeka

Gamis pria

Gamis pria merupakan pakaian asal timur tengah yang memiliki ciri panjang sampai selutut atau lebih sampai mata kaki. para pria di timur tengah biasa mengenakannya untuk kegiatan sehari – hari atau untuk acara resmi. Di negeri asalnya nama dari jenis pakaian muslim pria ini berbeda – beda antara  satu negara dengan yang lainnya.

Sebagai contoh di Arab saudi pakaian panjang ini biasa disebut dengan  thawb yang memiliki panjang sampai diatas mata kaki, di Syiria, oman, kuwait disebut dishdasyah, sementara itu di UEA biasa disebut kandorah, di Pakistan dan India  disebut Qamis (kameez) dan Kurta yang punya panjang sampai selutut.

Di Indonesia sendiri gamis pria merujuk pada 2 model yakni model pakistan dan model saudi biasa disebut dengan  gamis pakistan / kurta untuk yang panjangnya sampai selutut  dan jubah pria untuk panjang sampai diatas mata kaki.

Gamis pria dan Pahlawan Indonesia

Busana muslim pria asal timur tengah yang  sudah dikenal di Indonesia sejak jaman dahulu kala. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya foto / gambar para walisongo dan para pahlawan dari berbagai daerah yang mengenakan pakaian jubah pria ini. Seperti pahlawan yang sudah sering kita lihat pada pecahan mata uang Rp. 5000 versi lama yakni  Tuanku Imam Bonjol,  Pangeran Diponegoro,  Teuku Cik ditiro, Sentot Ali Basyah, dll.

Alhamdulillah di jaman sekarang (zaman kemerdekaan ini) masih ada orang – orang yang menjaga tradisi baik dari pakaian – pakaian yang di cintai Rasulullah dan dikenakan oleh para ulama dari zaman dahulu hingga sekarang ini.

Oleh sebab itu kita jangan ikut dengan orang – orang yang mencibir bahkan mencemooh orang yang memakai pakaian gamis pria,  dengan mengatakan sebagai pakaiana Daster. Bahkan hendaknya membuat kita semangat untuk terus membudayakan pakaian muslim yang baik ini dikenakan dalam kehidupan sehari – hari sebagaimana para pahlawan telah mengenakan gamis pria ini puluhan tahun yang lalu.

Aneka Gamis Untuk Pria Kini

Gamis yang dipakai untuk pria kini semakin beraneka motif dan model meskipun tidak keluar dari pola asalnya yang panjang sampai selutut dan panjang sampai atas mata kaki. Gamis pria aneka motif banyak modelnya bisa anda cari lewat internet tentunya.

Dengan motif yang semakin menarik, kini banyak kaum muslimin yang tidak malu lagi untuk memakainya terutama untuk dikenakan di hari – hari raya idul fitri dan idul adha. Demikian pula untuk anak – anak yang sekolah di pondok banyak juga yang mulai memakai jubah – jubah Arab anak  dengan model kekinian pula.

Mencari Gamis Pria

Saat ini Gamis pria juga mudah didapat di toko – toko dan toko online pakaian muslim yang tersebar di Indonesia.  Untuk produk buatan lokal biasanya dijual dengan harga Rp. 100.000 untuk gamis pakistan dan Rp. 160.000 untuk model jubah pria tergantung bahan dan merk tentunya. Sementara untuk jubah import biasa dijual dengan harga Rp. 240.000.

Gamis pria cocok dikenakan dengan bawahan berupa celana sirwal, yakni celana model cingkrang pembahasannya pernah saya tuliskan juga di blog ini yang bisa anda lihat kembali disini.

Demikian pembahasan kami tentang gamis pria, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika anda punya saran atau kritik silahkan tuliskan dalam komentar dibawah ini.

Iklan

About Abdurrazaq

nama saya : Abdurrazaq Abu Muhammad Yansa Maulana Bahtiar beralamat di sumberlawang kab sragen GM: nccaster@gmail.com facebook: www.facebook.com/ncca19 ncca19.wordpress.com

Posted on 27 Januari 2018, in islam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: