Mengenal Sirwal atau Celana Cingkrang

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang sebuah celana yang modelnya cingkrang atau ngatung. Celana ini disebut atau dinamai dengan celana sirwal. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang celana model cingkrang ini silahkan membaca bagian – demi bagian dari tulisan ini.

Pengertian Celana Sirwal

Celana Sirwal adalah celana yang mempunyai ciri – ciri lebar / gombrong (tidak sempit) dan memiliki panjang antara betis sampai diatas mata kaki. Dipakai oleh laki – laki di Indonesia untuk berbagai aktifitas baik acara resmi maupun non resmi. Celana Gombrong ini memiliki banyak model mulai sirwal biasa sampai sirwal kantor.

Sejarah Celana Sirwal

Sirwal adalah jenis celana yang sudah ada sejak zaman dahulu, Menurut Wikipedia celana cingkrang ini dahulunya banyak dipakai di negara – negara muslim seperti Arab saudi, Turki dan negara – negara muslim lainnya di timur tengah. Celana Sirwal juga dikenakan oleh sebagian masyarakat pedesaan di Yunani, beberapa negara balkan yang dulu terpengaruh dengan kesultanan ottoman dan juga masyarakat di daerah India utara.

Di Indonesia celana ngatung semodel dengan sirwal banyak dipakai oleh masyarakat sejak dulu seperti celana pakaian betawi, celana beladiri, celana tukang sate, dll. Kurang diketahui sejak kapan celana model sirwal ini sampai ke Indonesia.

mengenal celana sirwal atau celana cingkrang

Jenis – jenis sirwal

Ada beberapa jenis celana sirwal yang beredar dipasaran, jenis yang beredar tersebut didasarkan pada fungsi, motif dan modelnya. Banyak model baru yang muncul akhir – akhir ini karena banyaknya animo dari masyarakat yang ingin memakai celana cingkrang dan longgar di berbagai kegiatan, seperti yang disebutkan dibawah ini:

  • Sirwal Biasa adalah sirwal yang memiliki 2 kantong.
  • Sirwal tempur adalah celana sirwal dengan 4 buah kantong dengan tambahan 2 kantong tempel dari sirwal biasa.
  • Sirwal army adalah sirwal dengan motif celana tentara dengan bahan yang kuat dan tebal. Memiliki kesan yang gagah bagi pemakainya.
  • Sirwal kantor adalah celana cingkrang yang longgar didesain untuk dipakai saat bekerja di kantor dengan bahan yang lebih tebal dan halus
  • Sirwal Boxer adalah celanan jenis gombrong yang memiliki model seperti celana karate.
  • Sirwal Anak adalah celana sirwal untuk anak – anak

Bahan – bahan

Pada asalnya sirwal dibuat dengan bahan yang sama dengan bahan pembuat celana pada umumnya seperti bahan – bahan berikut ini: Twist, Ripstop, Twill, Drill, dll

Panjang celana sirwal

Sebagai celana sunnah maka ukuran dari celana sirwal ini adalah sekitar 80 cm, atau sekitar pertengahan betis orang dewasa sampai diatas mata kaki. Dengan dasar dari Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam perihal larangan memakai celana atau sarung melebihi mata kaki. Ukuran sirwal anak lebih pendek dari itu

Warna sirwal

Warna yang beredar di pasaran adalah seperti celana pria lain pada umumnya seperti Hitam, Biru, Biru Dongker, Merah, Krem dll

Harga Sirwal

Harga bervariasi tergantung bahan dan kualitas jahitan yang digunakan untuk membuat celana, biasanya mulai dari harga 40rb sampai 150 rb.

Tempat membeli Sirwal

Ada banyak tempat untuk membeli celana sirwal dengan harga murah di internet, salah satunya adalah di Tokosragen.com. Di toko online yang mejual aneka busana muslim syar’i ini terdapat berbagai jenis sirwal antara lain sirwal Army, sirwal tempur dan sirwal biasa.

Merk – merk Sirwal Di Pasaran

Ada banyak merk – merk sirwal yang dijual dipasaran, masing – masing menawarkan harga dan kualitas yang beragam, ada yang murah dan ada pula yang mahal. Oleh sebab itu saya akan mengumpulkan beberapa merk – merk sirwal yang saya ketahui di Internet lewat mesin pencari Google atau dari produk yang ada disekitar tempat tinggal saya di Sragen atau Solo yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Sirwal Antum
  • Sirwal Ataqy
  • Sirwal Ahsan
  • Sirwal Al aana
  • Sirwal Alamwa
  • Sirwal Arrasid
  • Sirwal Addausry
  • Sirwal Al-faruqy
  • Sirwal Al-ghuroba
  • Sirwal As-sirwal
  • Sirwal Azzahfa
  • Sirwal Nabawi
  • Sirwal Hana
  • Sirwal Ya akhi
  • Sirwal Yazid Collection
  • Dll

NB:

  1. Urutan bukan merupakan rekomendasi tentang merk sirwal yang terbaik.
  2. Merk sirwal tidak terbatas yang disebutkan diatas. Untuk merk yang lainnya yang belum ada bisa anda tulis di kolom komentar

Pengalaman memakai sirwal

Saya sendiri telah menggunakan celana sirwal sejak tahun 2010 yang lalu namun sayang celana sirwal tersebut menggunakan bahan agak tipis, sehingga setelah itu saya membeli lagi sirwal yang lebih tebal dengan bahan twist yang nyaman dan awet ketika digunakan sampai sekarang dengan merk Hana seperti di tokosragen.com. saya merasakan dengan memakai celana sirwal / celana pangsi lebih menjaga aurat dan sesuai dengan sunnah.

Bagaimana dengan pengalaman anda pertama kali memakai jenis celana sirwal ini? Mari berbagi cerita kepada kami melalui kolom komentar dibawah ini.

Demikian tulisan saya tentang Celana Sirwal, Semoga bermanfaat untuk anda semua. Silahkan share ke teman – teman anda agar mereka juga mengetahui tentang celana sirwal ini.

About Abdurrazaq

nama saya : Abdurrazaq Abu Muhammad Yansa Maulana Bahtiar beralamat di sumberlawang kab sragen GM: nccaster@gmail.com facebook: www.facebook.com/ncca19 ncca19.wordpress.com

Posted on 3 Maret 2016, in indonesia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: