10 Helikopter Terbesar Dunia bag.2

Bell-Boeing V-22 Osprey (Autoevolution)

VIVAnews –  Konflik dan bencana selalu dianggap sesuatu yang buruk. Tetapi ada hal positif di baliknya, yaitu memicu perkembangan teknologi yang lebih baik. Salah satunya dalam hal perkembangan teknologi transportasi udara, yaitu helikopter.

Berikut lima dari sepuluh helikopter terbesar dalam sejarah transportasi, seperti dikutip dari Autoevolution, Minggu 26 September 2010. Helikopter-helikopter ini dapat lepas landas dengan membawa beban lebih dari 10 ton.

10. Boeing Vertol CH-46 Sea Knight
Dengan turbin kembar, CH-46A Sea Knight merupakan hasil dari sebuah kompetisi desain untuk helikopter transportasi. Helikopter diigunakan oleh  Korps Marinir amerika Serikat pada 1961. Sea Knight digunakan oleh militer selama Perang Vietnam, tugasnya adalah untuk membawa pasukan dan kargo dari dan menuju kapal Angkatan Laut di Laut China.

Digerakkan oleh dua  General Electric, T-58-GE-16 turboshafts. Panjang helikopter adalah 13,92 meters dengan diameter baling-baling 16 meter. Boeing Vertol CH-46 Sea Knight memiliki bawaan maksimum lepas landas 11 ton.

Boeing Vertol CH-46 Sea Knight

9. Aerospatiale SA 321 Super Frelon
Helikopter Aerospatiale SA 321 Super Frelon adalah buatan Prancis. Dilengkapi dengan tiga mesin terbang yang dibuat oleh Aerospatiale, Prancis. Digerakkan oleh  tiga Turbomeca Turmo IIIC turboshafts.

Helikopter ini bisa membawa beban maksimum lepas landas sebesar 13 ton. Panjangnya 23,03 meter dengan diametr baling-baling 18,9 meter.

Aerospatiale SA 321 Super FrelonAerospatiale SA 321 Super FrelonAerospatiale SA 321 Super Frelon

8. Sikorsky CH-54 Tarhe
Sikorsky CH-54 Tarhe pertama kali terbang pada 1962 dan dibuat untuk Angkatan Darat Amerika Serikat. Helikopter ini digunakan dalam operasi pemulihan pesawat ketika beban terlalu berat. Kegunaan lainnya CH-54 juga bisa untuk menjatuhkan untuk menciptakan zona mendarat di hutan lebat. Fungsinya cukup serbaguna, mampu bekerja sebagai pemeliharaan posko mobile, pemeliharaaan atau sebagai Mobile Army Hospital (MASH).

Sikorsky CH-54 Tarhe digerakkan oleh dua mesin Pratt&Whitney T73-P-700 turboshafts. Panjangnya 26,97 meter dengan diameter baling-baling 21,95 meter. Bisa membawa beban maksimum saat lepas landas mencapai 21 ton.

Sikorsky CH-54 TarheSikorsky CH-54 TarheSikorsky CH-54 Tarhe

7. Boeing CH-47D Chinook
Boeing CH-47D Chinook adalah salah satu helikopter terpopuler di dunia dan memiliki multi misi. Bisa digunakan untuk keperluan militer seperti  memindahkan pasukan, artileri, amunisi, bahan bakar maupun keperluan bantuan bencana seperti evakuasi medis dan pemadam kebakaran.

Dengan sistem baling-baling dua-dua, helikopter Chinook adalah helikopter transportasi yang paling efisien. Kemampuannya bisa membawa beban maksimun lepas landas seberat 22,68 ton. Panjangnya 30,1 meter dengan diameter baling-baling 18,3 meter.

Boeing CH-47D ChinookHelikopter militer AS Chinook saat mendarat di AfganistanBoeing CH-47D Chinook

6. Bell-Boeing V-22 Osprey
Tidak seperti helikopter pada umumnya. Bell-Boeing V-22 Osprey lepas landas dan mendarat seperti helikopter, tetapi bisa melakukan perjalanan seperti pesawat terbang.

Digerakkan oleh dua mesin Rolls-Royce Allison T406/AE 1107C-Liberty, dengan diameter baling-baling 11,6 meter. Total panjangnya 17,5 meter. Bell-Boeing V-22 Osprey bisa membawa beban sebesar 9,07 ton dengan internal kargo lebih dari 6,8 ton. Beban maksimum lepas landansnya mencapai 27,4 ton.

Bell-Boeing V-22 Osprey Bell-Boeing V-22 OspreyBell-Boeing V-22 Osprey

Baca lima helikopter terbesar dunia yang lain di sini.

About Abdurrazaq

nama saya : Abdurrazaq Abu Muhammad Yansa Maulana Bahtiar beralamat di sumberlawang kab sragen GM: nccaster@gmail.com facebook: www.facebook.com/ncca19 ncca19.wordpress.com

Posted on 30 September 2010, in Seri Pesawat Terbang and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. wah belum ada kayaknya….

    mungkin mas hendra mau buat?

  2. Ada nggak ya helikopter yang bisa ditumpangi sampai keluar angkasa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: