Facebook: Menengok Kiprah Jejaring Sosial Facebook di Negara-Negara Asean

Bookmark and Share

ncca19

ncca19

Pendahuluan

Jika  menyimak laporan dari facebook tentang jumlah penggunanya yang  sebesar 400juta, maka timbul suatu pertanyaan apakah jumlah tersebut merata di seluruh negara ataukah hanya beberapa negara saja yang menyumbang angka tersebut. Pada pembahasan kali ini kami coba membahas hal tersebut yang kami batasi pada negara – negara di kawasan Asia Tenggara, berbekal dari data alexa rank yang menyebutkan 100 besar situs yang sering diakses disuatu negara pada februari 2010 ini  dapat diketahui apakah facebook menempati urutan 10 besar atau tidak?  yang artinya  pengguna facebook di negara tersebut  merupakan jumlah terbesar di negara tersebut, dan apakah nilai urutannya merata di tiap negara Asean. Mari kita simak.

8  Negara Asean

Asean memiliki anggota 11 negara akan tetapi Data yang kami peroleh dari Alexa rank untuk negara Asean hanya menyebutkan 8 negara, entah karena dianggap memiliki jumlah pengguna internet kecil di negara: Laos, Myanmar dan Timor Leste maka kemungkinan Alexa belum  memasukkan data ke 3 negara tersebut. Dan saya  semoga ke -3 negara tersebut untuk beberapa waktu mendatang dapat diketahui data penggunaan internetnya. Jadi 8 Negara yang akan dikupas tentang kiprah jejaring sosial facebook ini adalah Indonesia, Singapore, Malaysia, Brunei, Thailand, Phillipine, Vietnam,  dan Cambodia.

5 Negara Miliki Tren yang Sama

Indonesia, Malaysia, Singapore, Philipine, Brunei menempatkan facebook diurutan yang pertama (number 1) yang artinya mayoritas pengguna internet di ke-5 negara tersebut mengakses Facebook dan diikuti oleh situs – situs yang lain, untuk Indonesia urutan ke-2 dan ke -3 adalah Google.co.id dan Google.com. Sementara itu 3 negara yang lain menempatkan facebook pada urutan yang berbeda – beda, di negara  Thailand sendiri facebook berdiri pada urutan ke-3, Kamboja di urutan ke – 4 dan Vietnam diurutan ke-8.

Belajar dari Jepang dan China

Mungkin ini hanya Opini dari saya. Jepang dan China merupakan 2 negara yang maju di Asia bahkan didunia, kita perlu meniru 2 negara untuk fenomena yang satu ini, mengingat banyaknya penyalahgunaan jejaring sosial facebook. Menurut data yang sama (dari alexa rank) kami mendapati bahwa China memiliki Baidu.com  pada urutan pertama, yang merupakan search engine asli buatan china sementara facebook.com tidak masuk 100 besar situs yang sering diakses di negara China. Sementara itu di Jepang untuk urutan pertama ditempati yahoo.co.jp atau situs yahoo yang berbahasa jepang dan facebook.com menempati urutan ke- 36 dari 100 besar situs yang sering diakses di negara jepang. Poin nya adalah seandainya kita memiliki situs lokal dan selaku facebook.com maka kita akan lebih hemat bandwidth, dan dengan bahasa pengantar yang mudah dipahami Bahasa Indonesia, atau bahasa lokal seperti jawa, sunda, dll.

Sedikit artikel ini semoga bermanfaat

dari ncca19.wordpress.com semoga bermanfaat

About Abdurrazaq

nama saya : Abdurrazaq Abu Muhammad Yansa Maulana Bahtiar beralamat di sumberlawang kab sragen GM: nccaster@gmail.com facebook: www.facebook.com/ncca19 ncca19.wordpress.com

Posted on 9 Februari 2010, in Tutorial and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. wah keren dah infonya ni. .
    makasi gan. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: